20120516

(SA-JU-TA-I-BU) BUDI LUHUR


Kesatria” dalam menjalankan kehidupan sehari-har harus dengan sikap sopan dan santun, menjaga tata-krama dan dengan itikad membantu, menolong serta melindungi tanpa pamrih kepada semua orang.
 
Berbudi yang luhur dari kata budi dan luhur / suci. Budi adalah sebagian watak Rasulullah artinya terang, sebagai obornya jiwa manusia.  Baca Selengkapnya-KLIK DISINI !

 Berbudi baik dari lubuk hati yang paling dalam dapat dilihat dari raut wajah seseorang, pikiran seseorang,  penciptaan seseorang, cipta / berfikir menjadi alat jiwa yang menghubungkan batin kita dengan Allah di lubuk hati yang menjadi pusat kekuatan manusia dari dalam hati.

Adapun kata luhur, adalah sifat Allah. Jadi berbudi yang luhur maksudnya agar manusia selalu berusaha mirip dengan watak-watak atau sifat-sifat Allah Yang Maha Esa, kita memberikan kasih sayang / peduli dengan segala perhatian kepada sesama makhluk (manusia, binatang, tumbuhan dan kehidupan alam seisinya) sifat Allah yang suci, adil, tidak membeda-bedakan derajat, besar kecil, si kaya si miskin, diperlakukan seperti saudara sendiri, tetapi juga tidak menghilangkan sopan santun dan kesusilaan, tatakrama, suka menolong dan melindungi tanpa pamrih apapun jenis pengorbanannya, yang menuju kesejahteraan. Adapaun korban tadi tidak hanya berwujud harta, tenaga dan pikiran, tetapi bilamana perlu, juga sampai jiwa kita. Semua itu pelaksanaannya tanpa terdorong oleh hawa nafsu, tanpa pamrih atau hanya ingin mencari nama tetapi dengan hati yang bersih yang diperoleh berkat taat kepada semua petunjuk serta ajaran Rasulullah.

1 komentar:

  1. yen sira ngko den dadi apa apa iku hake sira.. yen sira ngko ora den dadi apa-apa iku hake sira.. ora bisa ana kang ngalang-ngalangi hake sira iwal sira lan pangeran ira.......

    BalasHapus