20120515

MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA “KESATRIA” UNTUK MEMBANGUN NEGERI



   APA YANG DIMAKSUD DENGAN SUMBER DAYA MANUSIA?
 Oleh : Wahyo Susapto
Wahyo Susapto
Suku kata yang terdapat pada sumber daya manusia, yaitu sumber, daya dan manusia tidak ada satu kata pun yang sulit dipahami karena itu tidak perlu di jelaskan masing-masing suku katanya.
Supaya tidak salah tafsir  dalam menyebut  sumber daya manusia atau disingkat SDM, apakah SDM itu sama saja dengan tenaga kerja ? dan jika demikian mengapa tidak pakai tenaga kerja (manpower) saja ?.. Apakah SDM sama saja dengan personel atau pegawai atau karyawan atau buruh?.. Penyaji tulisan ini berpendirian bahwa esensi dari SDM terletak pada “daya” yaitu daya yang bersumber dari manusia.

Jika demikian daya itu dapat berarti; potensi, tenaga, kekuatan, atau kemampuan, yang perlu diidentifikasi, digali, dikembangkan dan dimanfaatkan baik untuk maksud-maksud yang baik, positif konstruktif, dari sudut pandang orang baik-baik. Daya yang bersumber dari manusia, individual atau kelompok banyak jumlahnya dan beraneka ragam jenisnya dan sebagai contoh : daya cipta, daya tangkap, daya juang  Serta keadilan, kebijakan, kesenian, kedigdayaan, kesusilaan, kesungguhan, kecakapan dan sebagainya.
Orang jawa dahulu  sudah berpandangan maju dan cukup rasional walaupun tanpa penelitian-penelitian ilmiah bila bicara tentang orang yang berkualitas dengan sebutanbibit, bebet dan bobot artinya orang yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu dengan berpegang pada kualitas terbaik, badan sehat jasmani dan rohani, cakap cakep, cerdas cekatan, sopan santun dan sebagainya.
Perencanaan pada umumnya dan perencanaan sumber daya manusia khususnya mutlak perlu guna lebih menjamin bahwa setiap organisasi semakin mampu memperhitungkan faktor-faktor keunggulan SDM yang berpengaruh terhadap kehidupan organisasi yang bersangkutan di masa depan.
Dengan perkataan lain, “setiap organisasi pasti menghadapi berbagai tantangan yang menyangkut banyak segi kehidupan organisasional, termasuk tantangan di bidang sumber daya manusia, pada dasarnya tantangan bagi manajemen sumber daya manusia yang pada gilirannya tercermin pada pentingnya perencanaan, dapat dikategorikan pada tiga tantangan yaitu; tantangan internal, eksternal organisasi dan anggota organisasi yang ada”. >> BACA LANJUTAN NYA  DI..HALAMAN BERIKUT.....(SA.JU.TA.I.BU)...
** (manajemen SDM 48,49 Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA, 2006 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar